Cara Membuat Favicon untuk Blog Anda

Kali ini kita akan membahas tentang kustomisasi blog. Icon kecil yang muncul pada tab blog Anda, terkadang terlewat untuk di-maintenance. Itulah yang disebut sebagai Favicon. Bagaimana cara membuatnya? 

Favicon yang dipasang di Blog Anda membuat tampilan blog menjadi lebih profesional.

Penasaran ingin tahu cara membuat Favicon?

Ayo simak cara membuat favicon untuk Blog Anda.

1. Siapkan gambar yang akan dijadikan Favicon. Bisa logo blog, logo komunitas, atau gambar yang unduh dari peramban. 

Saya akan buat logo untuk blog saya ini di laman https://www.canva.com/ , saya pilih Template Logo dan memilih salah satu desain. Kemudian saya ubah warna, tulisan sesuai keinginan saya, dan setelah selesai, saya unduh logo Jangan Rebahan Doang (JRD), seperti di bawah ini,

2. Kemudian kita lanjutkan mengunggah gambar tersebut melalui laman https://www.favicon-generator.org/ 

Klik Pilih File, Lalu explore lokasi file logo tadi, setelah terunggah, klik Create Favicon


3. Tunggu beberapa menit, kemudian akan muncul seperti ini 


Klik Download the Generated Favicon. Hasilnya akan berupa zip file berisi favicon berbagai ukuran.

4. Setelah dipastikan selesai terunduh (lihat gambar no.1), maka buka blogger Anda, klik setelan (lihat gambar no.2) kemudian klik Favicon (lihat gambar no.3)


5. Setelah itu, open folder zip tersebut dan extract di folder yang diinginkan. Ukuran favicon tidak boleh lebih dari 100 KB. Saya memilih favicon berukuran 16x16.

6. Kemudian upload Favicon. Refresh, maka tampilan Favicon Blog Anda sudah berubah.

Demikian langkahnya.

Selamat mencoba cara membuat favicon untuk blog Anda.

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Arsip Berita

Tayangan

Tabs

item